Gunung Ijen Banyuwangi

Rute yang saya lalui setelah berkunjung di Taman Nasional Baluran, saya masih berada disekitar Banyuwangi kali ini berbatasan dengan Bondowoso saya memacu motor saya menuju ke Gunung Ijen, kira - kira satu jam perjalanan dari kota Banyuwangi, dihari kedua perjalanan saya explore daerah Banyuwangi saya bermaksut menyambangi Kawah Gunung Ijen yang terkenal sampai ke penjuru dunia karena disana ada fenomena Blue Fire atau Api Biru, karena di Dunia memang cuma ada dua yaitu di Islandia dan dan Gunung Ijen Banyuwangi, Indonesia.

Karena memang sudah tempat wisata bertaraf internasional pemerintah Banyuwangi sudah sangat serius untuk memperbaiki fasilitas yang ada disana, seperti adanya tempat Camping yang sudah disediakan di Basecamp dan juga warung yang lumayan banyak, sampai sempat terdengar isu akan dibuatkan kereta gantung yang menghubungkan langsung ke Puncak Gunung Ijen, Jalanan menuju ke atas puncak sudah sangat bagus bahkan mirip jalanan yang ada di jalan raya sudah halus, cuma konturnya masih berupa tanah yang halus dan rata.. karena disini memang ada fasilitas unik yang tidak dimiliki oleh gunung - gunung lainnya di Indonesia seperti adanya ojek gerobak dorong yang dimanfaatkan orang yang tidak ingin berjalan capek - capek menuju berjalan ke puncak, akan tetapi dengan tarif yang lumayan fantastis bisa mencapai 1 juta sekali PP, tergantung berat badan penumpangnya.

Alhamdulillah saya sampai di Basecamp pada saat sore hari, memang target saya sebelum gelap harus sudah sampai disana, karena jalurnya yang melalui hutan jadi saya antisipasi berkendara pada saat masih ada cahaya matahari, setelah sampai disana saya langsung mendirikan tenda dan ingin beristirahat sebelum nanti pukul 2 pagi saya harus summit attack, biar tidak ketinggalan untuk menyaksikan fenomena Blue Fire, setelah beres mendirikan tenda saya langsung pergi ke warung dan setelah makan malam saya langsung bergegas kembali ke tenda untuk tidur.

Waktu sudah menunjukan sekitar jam 1 pagi saya bersiap - siap untuk naik kepuncak sialnya teman saya ini kedinginan dan katanya nunggu nanti aja kalau sudah mendekati subuh, ya sudah dari pada teman saya nanti kenapa - kenapa saya turuti saja, dan saya pun melanjutkan tidur kembali, karema memang kondisi fisik yang sudah lelah maksimal, saya kembali tertidur lagi, tepat pukul 5 pagi saya terbangun lalu bergegas menuju ke tiket dan membayar sebesar 10000 rupiah pada saat itu langsung saya tancap jalan agak cepat biar tidak kesiangan sampai di atas,

Setelah berjalan kira - kira 2 jam saya sampai di atas, dan memang sudah tidak bisa menyaksikan fenomena api biru karena memang sang surya sudah muncul kepermukaan, ya beruntungnya masih dikasih cuaca yang cerah..

oke langsung saja kita lihat hasil jepretan  saya ketika disana :

Oh iya sobat Toekang Doelan, ada beberapa hal yang harus kalian ketahui jika akan berkunjung ke Gunung Ijen Banyuwangi, :

* tiketnya 10000 rupiah dan ada harga turis mancanegara tapi saya tidak tahu berapa pastinya
* Jika tidak membawa tenda ada tenda yang memang sudah dipersiapkan di basecamp
* Camping Ground Luas dan Aman
* Warung sudah lumayan banyak dan komplet
* Penderita sesak nafas dilarang untuk naik sampai ke Puncak Gunung Ijen
* Harus siap sedia masker karena arah semburan asap kawah sering berubah - ubah tergantung angin
* Api Biru hanya bisa disaksikan pada saat gelap

Mungkin itu saja dari saya sampai bertemu di cerita saya selanjutnya....